Kunci Mendapatkan Kebahagiaan Hidup

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuh

Kebahagiaan adalah hal yang ingin dimiliki oleh setiap manusia di dunia ini. Bekerja siang dan malam, bekerja lembur sampai letih lesu hanya ingin memiliki banyak uang, mungkin kebahagiaan ada pada banyaknya harta yang dimiliki. Belajar dari matahari terbit sampai tengah malam untuk menjadi juara kelas dan berharap nanti bisa menjadi orang yang sukses memiliki pekerjaan yang layak dan kebahagiaan akan menghampiri mereka. Mimilih teman yang cantik, memilih teman yang kaya siapa tahu kita kebagian duit mereka hehe . . .
Kita mencari jodoh yang perfect demi mendapatkan keturunan yang perfect pula. Ketika banyak uang membeli ini itu, membeli TV, kulkas, DVD, rumah mewah, mobil, sepeda dan sebagainya demi mendapatkan 1 kebahagiaan. Dan masih banyak cara lain untuk mendapatkan kebahagiaan itu.

Tetapi tidak sadarkah bahwa kebahagiaan itu tidak didapatkan dari semua itu, walaupun banyak orang setelah mendapatkan apa yang mereka inginkan akan menjadi bahagia. Namun ada satu hal yang terlupakan, satu hal yang tidak perlu mendapatkan semuanya itu kita bisa bahagia. Apa hal tersebut? Ialah Ikhlas menerima cobaan dari Allah SWT, Ikhlas menerima semua hal yang menguntungkan bagi kita maupun hal yang merugikan kita. Dan sabar akan semua hal tersebut. Tidak semua yang kita inginkan itu baik bagi kita, dan tidak semua hal yang tidak kita sukai itu buruk bagi kita. Allah memberi kita sesuatu itu berdasarkan kebutuhan kita bukan keinginan kita semata.

Terkadang kita terlalu berlarut untuk hal yang tidak kita sukai, namun tidak sadarkan bahwa dengan cobaan tersebut menjadikan kita lebih tegar dan bisa memaksimalkan usaha yang sudah-sudah. Tidak sadarkah sudah begitu banyak hal yang kita dapatkan dari Allah SWT sampai-sampai kita lalai untuk bersyukur?

Kebahagiaan akan menghampiri kita manakalah kita bisa mensyukuri nikmat-nikmat-Nya yang begitu melimpah. Maka kita akan mendapatkan kebahagiaan tersebut. Dan satu hal yang terkadang membuat kita merasa sulit untuk bersyukur, ialah kesialan, kerugian, kesedihan dan sebagainya namun jika kita bisa ikhlas menerima dan sabar akan segala macam cobaannya lalu berusaha memperbaiki maka kebahagiaan dan ketenangan jiwa akan menghampiri kita pada saat yang tak terduga.

Tidak ada alasan untuk kita tidak merasakan kebahagiaan. Dari pagi-pagi kita bangun, menghirup udara pagi yang segar, berkedip, berjalan, berbicara, mendengar, sekolah, kuliah, bekerja dan segala macamnya. Jika kita mengeluh tidak ada sarapan, lihatlah dibawah masih banyak orang yang sehari-hari hanya makan sekali itupun setelah bekerja siang dan malam. Jika kita mengeluh berjalan kaki kesekolah lihatlah anak-anak SD dipedalaman sana yang harus menempuh jarak sekian puluh km demi mendapatkan ilmu. Jika kita mengeluh dengan uang saku yang sedikit bersyukurlah karena masih banyak orang, masih banyak anak-anak berusaha kesana kemari, banting tulang hanya untuk mendapatkan sesuap nasi tanpa memikirkan akankah makan lagi besok?

Nikmat mana lagi yang ingin terlupakan oleh kita. Kita hanya perlu bersyukur atas nikmat, dan ikhlas dan sabar menerima cobaan-Nya maka kebahagiaan sudah didepan mata, bahkan lebih dekat dari pada didepan mata. Kebahagiaan sudah ada dihati kita masing-masing.

Maaf jika tidak setuju dengan opini saya, ini hanyalah opini saya pribadi dan tidak mengharapkan anda sekaliyan menelan mentah-mentah opini tersebut. Carilah ilmu dari segala penjuru dan tidak hanya terpaku dengan satu hal. Sekian Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuh

By
Rudiharto