Allah Gak Adil? Jangan Gila Dong. . .

allah-itu-maha-adil
Allah Itu Maha Adil

Siapa yang bilang Allah itu tidak adil, hayo tunjuk jari? Kalau ada apa alasan Anda bilang kalau Allah itu tidak adil? Hmmm . . . apa karena Anda tidak dikasih uang, belum ditemukan dengan jodoh, susah terus, yang lain kaya Anda miskin begitu? Atau Anda bilang Allah itu tidak adil lantaran Anda kaya dan melihat banyak orang lain miskin begitu mungkin?


Janganlah sekali-kali beranggapan kalau Allah itu tidak adil lah. . . Jangalah sekali-kali berfikir Allah itu tidak memihak kamu, dan jangan sekali-kali berfikir Anda itu orang yang paling tidak bahagia didunia! Mengapa ane bisa berkata demikian, cobalah berfikir secara jernih sebentar. Preman yang kerjaannya malakin anak-anak sekolah, malakin ibu-ibu di Pasar atas nama keamanan, dan banyak hal lainnya, inikan perbuatan yang tidak pantas ditiru bahkan merupakan perbuatan keji. Entah cepat atau lambat preman yang seperti itu akan mendapatkan balasan yang setimpal atas perbuatannya, Kena razia polisi, dihakimi massa, digebukin dan sebagainnya. Alih-alih masuk penjara dan lebih jauh lagi jika tidak segera taubat sampai nafas berada ditenggotokkan nerakalah tempatnya.

Beda lagi dengan seorang alim yang kesehariaannya sekolah, belajar, membantu pekerjaan orang tuanya, rajin sholat, ngaji dan perbuatan terpuji lainnya hidupnya akan mudah dan kebahagiaan sedang menunggu kelak. Tidak menutup kemungkinan juga ia mendapatkan cobaan yang malang melintang, namun jika berhasil mengatasinya surga sudah berada didepan menunggu dia.

Seorang anak muda dengan keseharian biasa-biasa saja mana mungkin kelak akan menjadi orang yang sukses dan berhasil? berbeda dengan seorang muda yang hari-harinya dihabiskan dengan berbagai hal yang bermanfaat, tentunya kelak akan lebih mudah menjalani hidup yang keras. Karena keberhasilab itu tidak bisa diraih tanpa perjuangan. Ini apa lagi kalau bukan karena keadilan Allah SWT? Masih berani bilang Allah itu tidak adil? Mari tengok kebawah lagi.

Dan bukti lain bahwa Allah itu Maha Adil ialah dengan menciptakan surga dan neraka. Coba seandainya surga dan neraka itu tidak pernah diciptakan? Mau dibawa kemana orang-orang jahat yang semasa hidupnya melakukan kejahatan, orang-orang musyrik, munafik, ingkar dan laknat? Dan orang-orang baik yang semasa hidupnya dihabiskan untuk hal-hal yang baik belajar misal, amal makruf nahi mungkar, ahli sodakoh dll. Apakah akan dibiarkan begitu saja tanpa imbalan yang sepadan atas perbuatan semasa hidup? Inilah tanda Keadilah Allah SWT bahkan Allah itu Maha Adil atas segala sesuatu. Dengan bukti neraka diciptakan untuk orang-orang tidak baik dan surga untuk orang-orang baik.

Banyak hal lainnya yang menandakan bahwa Allah itu Maha Adil.