Tips Mencari Jatidiri Seseorang

tips-mencari-jatidiri
Tips Mencari Jatidiri
Jatidiri adalah sifat asli yang ada pada diri seorang manusia. Terkadang mereka tidak sadar mengenai diri mereka sendiri, mereka tidak paham mengenai seluk beluk kepribadian mereka sendiri. Mereka rela melakukan apapun untuk menemukan jatidiri mereka yang tersembunyi. Disinilah proses adaptasi dengan situasi baru dimulai. . .

Jatidiri tidak bisa didapat dengan satu, dua hari saja. Namun butuh beberapa saat untuk benar-benar bisa tahu jatidirinya itu seperti apa. Beberapa Tips dalam pencarian jatidiri manusia;

1. Lalukan apapun yang menurut kamu suka, tapi dengan adanya batasan.
2. Ambil kesempatan apa saja untuk kamu lakukan, walaupun awalnya kamu tidak suka. Ini bisa menjadi tambahan referensi dalam pencarian jatidirimu.
3. Buat list keinginan, lakukan hal-hal baru dan kunjungi tempat-tempat baru lalu nikmati suasananya.
4. Bergabunglah dengan organisasi intra kampus atau eks-kampus.
5. Posisikan diri kamu dimana kamu belum pernah dalam keadaan itu sebelumnya.
6. Galilah keinginanmu di berbagai tempat yang berbeda. Banyak hal yang bisa didapatkan di tempat-tempat yang tidak terduga.


Dalam kitab Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani, ada empat hal yang Hamid Alaffaf cari untuk mencari jadiri dirinya.
1. Mereka berusaha menjadi orang kaya dengan mengumpulkan harta benda dan sebagainnya. Ternyata semua itu tidak mereka dapatkan dalam harta mereka yang sudah didapat, melainkan mereka menemukan di dalam hati yang mencukupkan segalan sesuatu yang sudah ada (qana'ah).
2. Mereka mencari jatidiri dengan mencari suasana yang nyaman, senang, tentram dengan memiliki banyak fasilitas yang menunjang untuk kesenangan mereka. Namun, ternyata perasaan santai itu hadir manakala mereka tidak memiliki apa-apa karena tidak perlu ada yang dipikirkan. Itu yang membuat mereka nyaman.
3. Mereka berusaha mencari kenikmatan dengan memakan makanan yang enak-enak, daging, susu dan sebagainnya. Ternyata, semua itu tidak lantas membuat nikmat, karena nikmat itu mereka dapatkan ketika badan mereka sehat.
4. Mereka mencari, mengumpulkan rizqi di muka bumi ini, ternyata rizqi yang mereka itu ada di langit yaitu berkah Allah.

Itulah empat hal yang sudah dicari dengan susah payah, dengan ngotot, dengan berbagai cara, dengan mempertaruhkan semuanya, namun sesuatu yang mereka cari itu sudah ada pada diri kita ada pada hal-hal disekeliling kita tanpa kita sadari. Semangat kawan, temukan jatidiri kalian, ingat . . . hal besar tidak bisa didapat dalam sekejap.