Apa Yang Sebenarnya Menyebabkan Titanic Karam 1?

Apa Yang Sebenarnya Menyebabkan Titanic Karam 1? RP dalam artikel yang didapat dari kompas terbit hari ini minggu (15/04/2012) yang juga bertepatan dengan 100 tahun karamnya kapal terbesar pada masanya yaitu Titanic. Apa yang sebenarnya menyebabkan kapal terbesar dan termegah kala itu tenggelam di laut Atlantik? Lihat selengkapnya.

titanic-karam

Titanic adalah benda buatan manusia yang termewah kala itu. Begitu sempurnanya citra Titanic dimasa itu sehingga muncul kalimat legendaris, "Bahkan Tuhan pun ta akan bisa membuatnya tenggelam." Meskipun demikian, sampai saat ini tak pernah tahu siapa yang mengeluarkan kalimat tersebut?

Lambung baja Titanic yang robek sepanjang 90 meter yang menenggelamkan kapal dengan korban jiwa yang meninggal lebih dari 1514 orang.

Penulis Hampton Sides menulis di majalah National Geographic edisi April 2012, tak hanya ribuan nyawa manusia pupus bersama Titanic, tetapi juga sebuah ilusi tentang keteraturan hidup dan harapan masa depan yang serba indah dengan kemajuan teknologi.

Bencana Titanic adalah pecahnya sebuah gelembung. Diawal abad ke-20, ada semacam perasaan dunia berlimpah dengan segala hadiah teknologi lift, mobil, pesawat udara, komunikasi radio. Segala hal begitu menakjubkan. Lalu tiba-tiba semuanya berantakan. Tutur James Cameron, sutradara Film Titanic (1997).

Maret 1 tim fisikiawan dan astronom daei Texas State University mengklaim menemukan bukti bahwa pada awal tahun 1912 bulan berada pada titik terdekat dengan Bumi selama kurun waktu 1400 terakhir.

Konfigurasi posisi bulan dan matahari menyebabkan gaya gravitasi mereka lebih kuat. Akibatnya air pasang lebih tinggi dan banyak gunung es tertarik lebih ke selatan dari posisi semula yang juga pada jalur pelayaran Titanic.

David Olson, ahli fisika yang memimpin tim ahli forensik astronomi mengatakan, "Captain Smith mengabaikan 30 peringatan soal gunung es." Bersambung . . .

Ok, demikian dulu tentang Apa Yang Sebenarnya Menyebabkan Titanic Karam? Beberapa hal yang memang harus orang lain tahu. Hal-hal apa saja yang kemungkinan bisa membuat kapal terbesar kala itu bisa membuat korban meninggal lebih dari 1500 orang. Tetap di Rudipakenton untuk kelanjutan artikel Apa Yang Sebenarnya Menyebabkan Titanic Karam?