Syarat-syarat Terjadinya dan Status Ancaman Tsunami

Syarat-syarat Terjadinya dan Status Ancaman Tsunami . Gempa Aceh hari ini Rabu (11/04/2012) sebesar 8.5 SR tidak menimbulkan tsunami. Mengapa bisa demikian, padahal gempa Aceh tahun 2004 lalu tsunami datang begitu dahsyatnya dengan gempa 8,5 SR berpusat di Samudra India (2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km (di laut berjarak sekitar 149 km selatan kota Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam.

gempa-aceh-april-2012

"Waktu kejadian lalu di Aceh 2004 lalu itu gempa besar tsunaminya cukup besar. Kan yang ini gempanya besar tapi tsunaminya tidak cukup signifikan. Karena ada syarat-syarat terjadinya tsunami," jelas Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sri Woro B Harijono.

Hal itu disampaikan Woro dalam jumpa pers di kantor BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2012). Syaratnya adalah:

1. Kedalaman gempa: kurang dari 70 km
2. Pusat gempa: di dasar laut
3. Besaran gempa: lebih dari 7 SR
4. Patahan: patahan lempeng naik-turun atau vertikal

"Sedangkan ini kan patahannya bukan naik turun, tapi mendatar atau pergeseran. Jadi kemungkinan tsunami cukup besar tidak akan terjadi," jelas Woro.

"Sedangkan ini kan patahannya bukan naik turun, tapi mendatar atau pergeseran. Jadi kemungkinan tsunami cukup besar tidak akan terjadi," jelas Woro.

Sedangkan Deputi bidang Geofisika BMKG Prihariadi mengatakan ada 3 status ancaman tsunami.

1. Awas, bila ancaman tsunami yang terjadi diperkirakan lebih dari 3 meter
2. Siaga, bila ancaman tsunami yang terjadi diperkirakan 0,5 meter - 3 meter
3. Waspada, bila ancaman tsunami yang terjadi diperkirakan kurang dari 0,5 meter

"Untuk awas dan siaga harus segera meninggalkan daerah pantai," jelas Prihariadi.

Kemungkinan gempa-gempa di daerah jalur gempa sepanjang Lempeng Euroasia? "Kemungkinan gempa di daerah lain sepanjang jalur lempeng itu, bisa mungkin bisa saja tidak," jawab dia. (detik.com)

Itulah beberapahal yang menyebabkan terkait Syarat-syarat Terjadinya dan Status Ancaman Tsunami. Dan kesimpulan untuk gempa Aceh hari ini tidak menimbulkan tsunami. Warga Aceh pun sudah mulai kembali pulang kerumah masing-masing yang dikutip oleh detik.com.