Rekor Yang Tercipta Pada Euro 2012 | Polandia dan Ukraina

Rekor  Yang Tercipta Pada Euro 2012 | Polandia dan Ukraina. Beberapa hal yang menjadikan Piala Euro 2012 ini menarik ialah rekor yang tercipta saat piala Eropa digelar. Mari lihat bersama-sama di rp untuk Rekor  Yang Tercipta Pada piala Euro 2012 di Polandia dan Ukraina. Atau lihat Jadwal Perempat Final Euro 2012.
1. Pencetak gol pertama di Euro 2012 dipegang oleh penyerang Polandia asal klub Borussia Dortmund, Robert Lewandowski. Ia menciptakan gol pada menit ke-17 babak pertama, setelah menyundul umpan silang yang dikirim rekannya dari sisi kiri pertahanan Yunani. Lewandoswki yang tak terkawal, berhasil membobol gawang Yunani, dan mengubah skor menjadi 1-0.

2. Kartu kuning pertama di Euro 2012 diterima oleh Sokratis Papastathopoulos, bek tengah Yunani. Papastathopoulos mendapatkan kartu kuning di menit ke-35 setelah melanggar Lewandowski. Sembilan menit kemudian, Papastathopoulos kembali menerima kartu kuning kedua, sehingga diusir keluar oleh wasit Carlos Velasco Carballo dari lapangan. Bisa dikatakan, ia juga meraih kartu merah pertama.

3. Berbeda dengan kasus Papastathopoulos yang dikeluarkan dari lapangan karena menerima dua kartu kuning, penjaga gawang Polandia, Wojciech Szczesny, keluar lapangan karena melakukan pelanggaran keras terhadap Dimitrios Salpingidis pada menit ke-68. Akibat pelanggaran itu, wasit Carballo pun langsung menghadiahinya kartu merah.

4. Pelanggaran yang dilakukan Szczesny membuat wasit Carballo menunjuk titik putih. Namun Giorgos Karagounis gagal mengeksekusi kesempatan emas tersebut setelah sepakanny ditepis kiper pengganti Polandia, Przemyslaw Tyton. Jadi, tendangan penalti pertama yang gagal menghasilkan gol di Euro 2012 diraih oleh kapten tim Yunani, Karagounis.

5. Alan Dzagoev, penyerang Rusia merupakan orang pertama di Euro 2012 yang menciptakan dua gol, saa Rusia membantai Republik Ceska 4-1. Hingga Jumat (15/6), Alan Dzagoev sudah membukukan tiga gol bersama dengan Mario Gomez (Jerman), dan penyerang Kroasia, Mandzukic.

6. Xavi Hernandez menciptakan rekor baru dalam Perhelatan Piala Eropa dalam pemberian operan. Playmaker asal klub Barcelona itu membuat 136 operan dan 127 di antaranya menemui sasaran, saat timnya bersua dengan Irlandia di Piala Eropa 2012. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan catatan yang pernah dilakukan Ronald Koeman asal Belanda dengan 117 operan kala melawan Denmark di Piala Eropa 1992.

7. Spanyol menjadi tim pertama yang mencatatkan penguasaan bola sangat dominan, yakni 78 persen penguasaan. Rekor dibukukan saat 'La Furia Roja' berhadapan dengan Irlandia (Boys in Green).
8. Kekalahan melawan Spanyol yang berkesudahan dengan 0-4, membuat Irlandia menjadi negara pertama yang harus angkat koper dari Piala Eropa 2012. Dari 16 tim, Irlandia sudah mengalami dua kali kekalahan.

9. Negara atau tim pertama yang mendapatkan sanksi atau denda dari UEFA pada Euro 2012 adalah Portugal. Jerman dan Rusia, akibat ulah suporternya. Jerman di denda 12.605 dolar AS (Rp 250 juta), sedangkan Portugal separuhnya, karena dianggap telat memasuki lapangan. Sedangkan denda Rusia paling parah, 120 ribu euro, karena suporter berulah dengan melemparkan kembang api di dalam stadion.

10. Tim peraih kartu kuning terbanyak dalam satu pertandingan adalah tim Yunani, kala bersua dengan Polandia.

11. Sampai Jumat (15/6) WIB, rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan di Euro 2012 diraih oleh Rusia versus Republik Ceska yang berkesudahan 4-1 untuk Rusia, Portugal versus Denmark (3-2).

12. Rekor kekalahan dengan jumlah gol terbanyak diterima oleh Republik Irlandia saat kalah telak dari Spanyol dengan skor 0-4.

13. Rekor kemenangan dengan jumlah gol terbanyak diraih oleh Spanyol saat menang melawan Irlandia (4-0).

Demikian sedikit Rekor  Yang Tercipta Pada Euro 2012 | Polandia dan Ukraina. Semoga semakin banyak lagi rekor yang tercipta lagi pada laga-laga yang tersisa.